Teknologi Video Game

Apa si Video Game???

Game bisa diartikan  “hiburan”. Permainan game juga merujuk pada pengertian sebagai “kelincahan intelektual” (intellectual playability). Sementara kata “game” bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Ada target-target yang ingin dicapai pemainnya. Kelincahan intelektual, pada tingkat tertentu, merupakan ukuran sejauh mana game itu menarik untuk dimainkan secara maksimal. Kita ketahui bahwa game sudah menjadi hiburan yang sangat mentenangkan hati baik tua maupun muda pasti pernah bermain dengan game. Dahulu istilah game identik dengan anak-anak selaku pemain. Yang ada dibenak kita adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak yang menurut mereka itu dapat menyenangkan hati mereka. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Tetapi yang akan dibahas pada kesempatan ini adalah game yang terdapat di komputer yang kita sebut dengan nama video game, baik off line maupun online.

video game adalah permainan elektronik yang melibatkan interaksi dengan antarmuka pengguna untuk menghasilkan umpan balik visual pada perangkat video. Kata video dalam  video game yang secara tradisional dirujuk ke perangkat tampilan.  Namun, dengan penggunaan populer istilah “video game”, sekarang berarti semua jenis perangkat layar yang dipakai. Sistem elektronik yang digunakan untuk bermain video game yang dikenal sebagai platform; contohnya  adalah komputer pribadi dan konsol permainan video. Platform ini beragam, mulai dari komputer mainframe besar untuk perangkat genggam kecil. Perangkat input yang digunakan untuk memanipulasi video game ini disebut permainan controller, dan berbeda-beda platform. Sebagai contoh, sebuah pengendali konsol khusus mungkin hanya terdiri dari sebuah tombol dan sebuah joystick. Lain mungkin fitur selusin tombol dan satu atau lebih joystick. Awal permainan komputer pribadi sering butuh keyboard untuk bermain game, atau lebih umum, diperlukan pengguna untuk membeli joystick terpisah dengan setidaknya satu tombol. Banyak permainan komputer modern memungkinkan, atau bahkan membutuhkan, pemain menggunakan keyboard dan mouse bersamaan. Video game biasanya juga menggunakan cara lain untuk memberikan interaksi dan informasi kepada pemain.

Sejarah Perkembangan Game

Pada tahun 1947 dipercaya sebagai tahun pertama di mana game didesain untuk dimainkan dengan layar CRT (cathode ray tube). Game sederhana dirancang oleh Thomas T. GoldsmithJr. Dan EstleRayMann. Aplikasi ini mendapatkan paten tanggal 14 Desember 1948. Sistem yang dibuatnya terdiri dari 8 vacum tubes dan menyimulasikan peluru ditembakkan pada target, terinspirasi dari display radar pada Perang Dunia II. Beberapa knop disediakan untuk mengatur kurva dan kecepatan titik yang mewakili peluru. Karena grafik belum bisa dibuat waktu itu, target penembakan digambar pada sebuah lapisan yang kemudian ditempelkan pada CRT. Diyakini bahwa ini adalah sistem pertama yang secara spesifik didesain untuk game pada layar CRT.

Game Pertama Di buat Tennis for Two

Pada 1949-1950, Charly Adama menciptakan sebuah “Bouncing Ball” program komputer angin puyuh MIT.  Sementara program belum interaktif, itu adalah awal dari munculnya game mendatang. Pada tahun 1951, sambil mengembangkan teknologi televisi untuk New York yang berbasis perusahaan elektronik Loral, penemu Ralph Baer datang dengan ide untuk menggunakan lampu-lampu dan pola-pola yang digunakan dalam pekerjaannya sebagai lebih dari sekedar kalibrasi peralatan. Dia menyadari bahwa dengan memberikan kemampuan penonton untuk memanipulasi apa yang diproyeksikan pada set televisi mereka, peran mereka berubah dari pasif mengamati ke manipulasi interaktif

Tahun 1952, A.S. Douglas membuat OXO, game grafis noughts and crosses (nol dan silang), di University of Cambridge untuk mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi komputer dan manusia. Permainan ini bekerja pada komputer besar yang menggunakan CRT display. Bahkan, perangkat game portablimages2e genggam yang pertama dibuat adalah Tic Tac Toe di tahun 1972 oleh Waco Company.

Banyak yang menyebutkan bahwa penemu video game adalah William Higinbotham. Tahun 1958 menciptakan game Tennis for Two pada osiloskop, itu digunakan untuk menghibur pengunjung dari Brookhaven National Laboratory di New York. Game ini menampilkan lapangan tenis sederhana dipandang dari samping. Bola seakan dipengaruhi oleh gravitasi dan harus melewati net/jaring. Dengan dua kontrol yang masing-masing dilengkapi knop untuk mengarahkan bola dan sebuah tombol untuk memukul bola sampai melewati net. Game Tennis for Two dipamerkan selama dua musim sebelum perbaikan  pada tahun 1959.

Pada tahun 1950-1960-an Game Spacewar! dikreditkan sebagai yang pertama muncul secara luas dan berpengaruh kedalama game komputer. Sebagian besar permainan komputer awalnya  berkembang  pada komputer mainframe universitas di Amerika Serikat dan dikembangkan oleh individu-individu sebagai hobi. Aksesibilitas yang terbatas perangkat keras komputer yang minim membuat  permainan ini cepat dilupakan oleh anak-anak.

Game Spacewar

Pada 1959-1961, koleksi program grafis interaktif dibuat pada TX-0 mesin di MIT:

  • Mouse di Maze: membuat game yang memungkinkan pemain untuk menempatkan didinding  labirin, potongan keju, dan (dalam beberapa versi) gelas Martini melalui pena cahaya berinteraksi dengan layar. Orang bisa kemudian melepaskan mouse dan menonton melewati labirin untuk mencari barang.
  • HAX: Dengan menyesuaikan dua switch di konsol, berbagai tampilan grafis dan suara dapat dibuat.
  • Tic-Tac-Toe: Menggunakan pena cahaya, pengguna dapat memainkan permainan sederhana dan naughts salib melawan komputer.

Pada tahun 1961, sekelompok mahasiswa di MIT, termasuk Steve Russell, memprogram permainan yang berjudul  Spacewar! pada DEC PDP-1, Versi komputer terbaru pada saat itu. Jenis permainan yang mengadu dua player terhadap satu sama lain, masing-masing mengendalikan sebuah pesawat ruang angkasa yang mampu menembakkan rudal, sementara seorang player di tengah layar menciptakan kekacauan. Permainan ini akhirnya didistribusikan dengan komputer dan Desember baru diperdagangkan di seluruh primitif Internet. Spacewar! dikreditkan sebagai permainan komputer pertama yang berpengaruh didunia game.

Pada tahun 1966, sambil duduk bosan di halte bus, Ralph Baer menghidupkan kembali gagasannya untuk video interaktif ‘game’ mesin. Menyempurnakan ide-idenya ke dalam empat halaman dokumen, Baer rekan kerja terlibat Bill Harrison di proyek ini, di mana mereka berdua bekerja di kontraktor elektronik militer Sanders Associates di New Hampshire. Mereka menciptakan permainan video sederhana bernama Corndog, pertama untuk ditampilkan pada televisi standar. Dengan bantuan Baer, Bill Harrison menciptakan senjata ringan dan mengembangkan beberapa video game dengan Bill Rusch pada tahun 1967. Ralph Baer melanjutkan pembangunan, dan pada tahun 1968 prototipe selesai yang dapat menjalankan beberapa permainan seperti tenis meja dan menembak sasaran. Setelah berbulan-bulan pekerja rahasia antara proyek resmi, Baer mampu membawa contoh dengan janji yang pasti untuk Sanders ‘R & D departemen. Pada 1969, Sanders pamer pertama di dunia konsol permainan video rumahan untuk pabrik.

Pada tahun 1969, AT & T programmer komputer Jeremy Ben menulis sebuah permainan yang disebut Space Travel untuk sistem operasi Multics. Permainan ini mensimulasikan  berbagai macam elemen dari tata surya dan gerakannya , pemain yang mengusahakan player untuk mendaratkan pesawat ruang angkasa mereka. AT & T menarik keluar dari proyek Multics, dan Ben porting permainan untuk kode Fortran berjalan pada sistem operasi GECOS General Electric GE 635 mainframe komputer. Berjalan pada sistem ini mengeluarkan biaya sekitar $ 75 per jam, dan Ben mencari komputer yang lebih kecil dan lebih murah untuk digunakan. Ia menemukan sebuah komputer yang  kurang dimanfaatkan dengan tipe PDP-7 assembly language. Dalam proses belajar untuk mengembangkan perangkat lunak untuk mesin, proses pengembangan sistem operasi Unix mulai di buat dan game Space Travel telah disebut aplikasi UNIX pertama.

Pada bulan September 1971, Galaxy Game dipasang di sebuah perkumpulan mahasiswa di Universitas Stanford. Berdasarkan game Spacewar!, Ini adalah game pertama yang dioperasikan dengan koin video game. Hanya satu yang dibangun menggunakan  PDP-11 dan vektor layar terminal. Pada tahun 1972 itu diperluas untuk dapat menangani empat atau delapan konsol. Juga pada tahun 1971, Nolan Bushnell dan Ted Dabney menciptakan koin dioperasikan versi arcade Spacewar! dan menyebutnya Computer Space. Nutting Associates membeli permainan dan diproduksi mesin 1.500 ruang Komputer, dengan rilis berlangsung pada bulan November 1971. Game tidak berhasil karena kurva belajar yang curam, tetapi game ini sebagai game yang pertama diproduksi secara massal dan video game pertama yang ditawarkan untuk penjualan komersial.

Tahun 1972 dirilis perangkat video game pertama untuk pasar rumahan, Magnavox Odyssey, dihubungkan dengan televisi. Meski tidak sukses besar, perusahaan lain dengan produk yang sama harus membayar lisensi. tetapi, kesuksesan menjemput sejak Atari meluncurkan Pong sebuah video game ping-pong pada 29 November 1972. Berangkat dari sini, video dan komputer game menjadi populer dan hobi baru di saat PC baru saja mulai dikenal dan dipakai secara luas.

Perkembangan game komputer dan video game yang kian memanjakan para pemainnya dengan teknologi-teknologi yahud merupakan poin menarik untuk dicermati. Meski sejarah video game dan game komputer mencakup rentang waktu sekira lima dekade, keduanya meraih popularitas sebagai bagian dari peradaban manusia modern di akhir tahun 1970.

Mistery House, rancangan ibu rumah tangga, Roberta Williams dipercaya sebagai game petualangan pertama dengan grafis pada Apple II. Meski interface untuk input perintah masih berupa teks, ilustrasi grafik hitam putih sebuah rumah bergaya viktoria merupakan gebrakan baru di masa itu. Game ini begitu populer dan mendorong Roberta Williams mendirikan Sierra On-Line bersama suaminya dan terus memproduksi game khususnya petualangan.

Perangkat berukuran mini dirilis pada tahun 1980 oleh Nintendo. Kesuksesan LCD genggam ini menciptakan banyak pengikut untuk membuat yang sama dengan mengadopsi game-game populer. Awal tahun 1980-an juga ditandai dengan hadirnya media penyimpan CD-ROM yang dalam waktu singkat menjadi populer. Era game 3 dimensi (3D) dengan perspektif orang pertama dan multiplayer game mulai muncul di era ini. Suara dan musik semakin berkembang di pertengahan 1980-an seiring dengan hadirnya produk sound card.

Dengan peningkatan power komputasi dan turunnya cost untuk prosesor seperti Intel 386, 486, dan Motorola 68000, di tahun 1990 perkembangan kemampuan multimedia dengan sound card dan CD-ROM lebih berarti. First Person Shooter adalah sebuah game di mana pemain memegang kontrol secara penuh pada tokoh utama dan dapat berinteraksi langsung dengan sekitarnya. Pemain berkonsentrasi pada bagaimana memilih senjata berbagai tipe dengan amunisi yang terbatas. Hal itu dilakukan untuk dapat memenangkan games yang sedang dimainkan.

Industri game yang masih berdiri kokoh sampai hari ini memegang dua pasar besar yaitu video game dan game komputer. Dan tak diragukan, game komputer memang lebih banyak item judulnya karena dengan perangkat standar hampir semua game produksi pihak ketiga bisa dimainkan di PC. Sedangkan untuk pasar video game, didominasi oleh pemilik standar, siapa lagi kalau bukan Sony dengan Play Station, Microsoft dengan Xbox 360, dan Nintendo.

Yang menarik, game komputer telah berkembang ke arah Network Multimedia Game, di mana banyak pemain dari lokasi yang saling berjauhan berinteraksi satu sama lain secara real time dalam satu jaringan komputer. Sebut saja misalnya Quake III Arena yang pernah membuat demam kampus sekira tahun 2001 lalu. Contoh lainnya adalah Counter Strike sebuah game 3D multiplayer mengambil tema simulasi taktik pertempuran.

Klasifikasi Game

Klasifikasi game terbagi menjadi tiga bagian diantaranya :

Inti Permainan

Secara umum, diskusi tentang video game baik dalam pers dan politik seputar judul ditemukan pada permainan inti klasifikasi; historis, yang terdiri dari video game dikembangkan untuk bermain di komputer pribadi, berdedikasi permainan video game konsol atau handheld konsol.
Inti permainan umumnya ditentukan oleh intensitas, kedalaman bermain atau skala produksi yang terlibat dalam penciptaan dan dapat termasuk permainan di spektrum yang luas macamnya. Misalnya Bit.Trip seri untuk WiiWare, Call of Duty 4: Modern Warfare untuk PC dan konsol atau PS3 LittleBigPlanet untuk semua jatuh dalam permainan inti klasifikasi. Inti permainan kadang-kadang dianggap menuntut dalam permainan mereka dan biasanya tidak menarik bagi gamer biasa, tetapi ini lebih merupakan pedoman dari sebuah aturan.

Permainan Sederhana

Permainan sederhana  memperoleh nama mereka dari  kemudahan aksesibilitas dalam bermain , sederhana untuk memahami permainan dan cepat untuk memahami aturan permainanya. Selain itu, game sederhana sering mendukung kemampuan untuk melompat masuk dan keluar dari permainan sesuai permintaan.  Permainan santai sebagai format ada jauh sebelum istilah ini diciptakan dan termasuk video game seperti Solitaire dan Minesweeper yang umumnya dapat ditemukan pra-instal dengan banyak versi sistem operasi Microsoft Windows.

Contoh lainnya dalam kategori ini adalah hidden object, match three, time management, Tetris atau banyak menara gaya pertahanan permainan. Permainan kasual umumnya dijual melalui pengecer online seperti PopCap, Zylom dan GameHouse atau disediakan untuk bermain bebas melalui web portal seperti Yahoo! Permainan atau AddictingGames.

Sementara game sederhana yang paling sering diputar di komputer pribadi, handphone atau PDA, mereka juga dapat ditemukan di banyak on-line sistem konsol layanan download (misalnya, Xbox Live, PlayStation Network, atau WiiWare).

Permainan Serius

Permainan serius adalah permainan yang dirancang terutama untuk menyampaikan informasi atau pengalaman belajar semacam ke pemain. Permainan serius bahkan mungkin gagal untuk memenuhi syarat sebagai permainan video dalam pengertian tradisional istilahnya. Selain itu, perangkat lunak pendidikan biasanya tidak termasuk dalam kategori ini (misalnya, sentuhan tutor mengetik, belajar bahasa, dll ..) dan perbedaan utama akan tampak berdasarkan judul tujuan utama serta usia sasaran demografis. Seperti dengan kategori lainnya, deskripsi ini lebih merupakan pedoman dari sebuah aturan.

Permainan Serius  adalah permainan umumnya dilakukan karena alasan-alasan di luar dan sebagai hiburan yang sederhana dengan permainan inti dan kasual dapat mencakup karya dari macam game tertentu, meskipun beberapa seperti exergames, permainan edukatif, atau propaganda permainan (misalnya militainment) mungkin memiliki perwakilan yang lebih tinggi dalam hal ini kelompok karena materi subjeknya. Permainan ini biasanya dirancang untuk dimainkan oleh para profesional sebagai bagian dari pekerjaan tertentu atau untuk peningkatan keterampilan. Mereka juga dapat dibuat untuk menyampaikan kesadaran sosial-politik pada subjek tertentu.

Salah satu permainan serius terpanjang usaha  yaitu Microsoft Flight Simulator pertama kali diterbitkan pada tahun 1982 di bawah nama itu. Militer Amerika Serikat menggunakan virtual reality berdasarkan latihan simulasi untuk pelatihan,  seperti halnya semakin banyak peran responder pertama (misalnya, polisi, pemadam kebakaran, EMT).  Salah satu contoh dari lingkungan non-permainan digunakan sebagai platform untuk pengembangan permainan serius dengan menggunakan  dunia virtual Second Life, yang saat ini digunakan oleh beberapa departemen pemerintah Amerika Serikat (misalnya, NOAA, NASA, JPL), Perguruan Tinggi (misalnya, Ohio University, MIT) untuk pendidikan dan program-program pembelajaran jarak jauh dan bisnis (misalnya, IBM, Cisco Systems) untuk pertemuan dan pelatihan.

Game Online

Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan namanya game online atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet). Pasti semua sudah pernah mencoba bermain dengan game online perkembangannya pun di indonesia sudah sangat pesat menurut Ligagame Indonesia(ligagames.com), game online muncul di Indonesia pada tahun 2001, dimulai dengan masuknya Nexia Online. Game online yang beredar di Indonesia sendiri cukup beragam, mulai dari yang bergenre action, sport, maupun RPG(role-playing game). Tercatat lebih dari 50 judul game online yang beredar di Indonesia. Ini menandakan betapa besarnya antuiasme para gamer di Indonesia dan juga besarnya pangsa pasar games di Indonesia.

· First Person Shooter(FPS), sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).

· Real-Time Strategy, merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.

· Cross-Platform Online, merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).

· Browser Games, merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.

· Massive Multiplayer Online Games, adalah  game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata

Bedasarkan teknologi grafis

ü 2 Dimensi, game yang mengadopsi teknologi ini rata-rata game yang termasuk ringan, tidak membebani system. Tetapi game dengan kualitas gambar 2D tidak enak dilihat apabila dibandingkan dengan game 3D sehingga rata-rata game online sekarang mengadopsi teknologi 2,5D yaitu dimana karakter yang dimainkan masih berupa 2D akan tetapi lingkungannya sudah mengadopsi 3D.

ü 3 Dimensi, game bertipe 3 DImensi merupakan game dengan grapis yang baik dalam penggambaran secara realita, kebanyakan game-game ini memiliki perpindahan kamera (angle) hingga 360 derajat sehingga kita bisa melihat secara keseluruhan dunia games tersebut. Akan tetapi game 3D meminta spesifikasi komputer yang lumayan tinggi agar tampilan 3 Dimensi game tersebut ditampilkan secara sempurna.

sumber :

http://en.wikipedia.org/wiki/Video_game

http://en.wikipedia.org/wiki/History_of_video_games

http://en.wikipedia.org/wiki/Games_online


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: